Baca ini Sebelum kalian ikut Trip !!!


Perbedaan Sistem Trip antara Open Trip dan Share Cost
Dari Arif Irham Hakim

Salam lestari teman-teman semua ! Gimana nih liburannya ? heheheh liburan di rumah aja maksudnya. Menikmati liburan dengan media visual temen-temen semua. Pasti temen-temen udah gak sabar ya buat berpetualang kembali seusai covid-19, Oh iya punya niatan naik ke gunung mana nih ??? siapa tau bisa barengan sama temen-temen.
Ehh udah ya basa basinya heheh. jadi gini temen-temen, Alhamdulillah saya juga seorang backpaker yang kerjaan nya keluar rumah, apalagi klo udah libur sekolah, pengennya tuh menjelajah. Tahun 2017 adalah tahun pertama saya memulai untuk menjelajah gunung dan Alhamdulillah sampe sakarang. Oh iya akhir-akhir ini saya banyak sekali melihat para artis atau selebgram atau youtubers dan yang sejenisnya itu juga mulai ikut menjelajahi gunung, seperti bang fiersa bersari. Mungkin karena viralnya film 5cm kali ya. Trus banyak juga tuh yang sering ngeshare jasa-jasa trip gunung. Padahal dari dulu itu buat para pendaki gunung itu memilki prinsip Do it by Your Self artinya lakukan itu sendiri, jadi gak ya kalau mau bener-bener berpetualang ke gunung mending lakuin secara pribadi tanpa adanya tukang masak, tukang bawain barang dan lain sebagainya, karena klo kita menggunakan jasa trip terkadang pendakian itu kurang begitu terasa, dan itu saya rasakan sendiri.
Beredarnya artis-artis yang menjelajah gunung, tentu dong fansnya pasti ada keinginan bertemu dengan mereka, sehingga mereka juga ikut-ikutan menjelajah gunung, walaupun kenyaaannya gak ketemu sama mereka heheheh SAKIT TAU .....!. Jasa-jasa trip pun juga ikut menawarkan untuk membantu temen-temen semua yang belum pernah ke gunung, tapi kita juga harus tau nih jasa-jasa trip terkadang ada yang menawarkan dengan sistem OPEN TRIP dan ada juga yang menawarkan dengan sistem SHARE COST, bedanya dimana kang ?????
Ok kita bahas ya satu-satu beserta keuntungannya masing-masing !

Penjelasan antara OPEN TRIP dan SHARECOST
            Sebelum ikut trip coba deh temen-temen tanya ke narahubung, itu sistem tripnya gimana? Kita bayar lalu terima jadi atau kita diskusikan dulu harga nya atau gimana ? Nah biasanya Trip yang menggunakan sistem bayar saja dan temen-temen terima jadi untuk menikmati trip itu biasanya sistemnya disebut dengan OPEN TRIP. Temen-temen terima jadi saja, mereka yang ngurus simaksi, lalu mereka yang menyewakan peralatan camp-nya, mereka yang beli logistik-nya dll. Pokoknya terima jadi aja temen-temen tinggal bawa barang temen-temen, kalau temen-temen gak mau ribet bawa barang tinggal pakai jasa porterm barang dibawain, makanan dimasakin, tenda disiapin, pokoknya serasa raja digunung deh hehehehe....
            Oh iya terus kalau seandainya dari pihak narahubung bilang kalau sistemnya didiskusikan dulu, nah sistem itu disebut dengan sistem SHARECOST. Jadi semuanya serba didiskusikan secara detail dan tak ada kebohongan. Contohnya gini, saya mengadakan Trip ke Gunung Semeru dengan sistem SHARECOST, dan dirundingkan di grub, perjalanan dari lokasi rumah kita ke tempa berkumpul atau meeting point itu dengan apa ? kemudian dari meeting point atau Mepo ke Lokasi tujuan. Contoh lainnya gini, saya punya mobil pribadi dan saya ngadain trip ke gunung Merbabu. Jadi saya nyumbang mobil untuk trip tersebut, sedangkan yang lain bisa nyumbang untuk uang bensi, parkir, atau supir. Jadi sama-sama enak.

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN DARI OPEN TRIP DAN SHARE COST
            Dari tulisan di atas sih sebenernya temen-temen udah bisa nyimpulin gimana untung dan ruginya dari kedua sistem trip ini. Open Trip sendiri menguntungkan untuk kita dari sisi kerjanya, kita gak cape dan gak ribet. Udah ada yang ngurusin semuanya, tinggal kita siapin aja barang-barang kita, eitss jangan lupa budgetnya ya karena Open Trip sendiri itu biasanya memerlukan budget yang lebih banyak dibandinkan dengan Share Cost dan menguntungkan bagi pihak penyelenggara, ya wajar aja sih.. kan mereka yang nyiapin semuanya dan ribet buat semuanya.
            Kerugiannya sendiri itu kita gak ngerasain petualangan yang sebenarnya, gimana ngurus simaksi, gimana diriin tenda, gimana masak sendiri, gimana nyewa alat-alat camp, gimana nyiapin transport, dll.
            Buat Share Cost sendiri menurut gua itu lebih pas buat temen-temen yang mau ngerasain backpacker yang sesungguhnya, ya karena keuntungan dari SHARE COST sendiri kita bisa belajar ngatur diri kita sendiri dan kelompok, pastinya kekelurgaan dan kekompakkan timnya itu lebih terasa. Temen-temen bisa belajar gimana ngatur keuangan dengan baik ketika mendaki atau menjelajah gunung.
            Kalau kekurangan nya dari SHARE COST sendiri biasanya itu lama ketika diskusi terkait hal-hal yang harus disiapkan ketika ingin memulai mendaki, baik dari transport, logistik, simaksi dll. Buat temen-temen yang memilki budget kurang, saya saranin sih kalau mau ikut trip itu lebih baik pilih yang menggunakan sistem SHARE COST, karena lebih murah.
            Buat temen-temen yang kelebihan dana nih bisa pakai Jasa Trip dengan sistem OPEN TRIP, karena memudahkan temen-temen. Jadi sebenarnya gak ada yang diunggulin sih, karena setiap orang punya sikap nya masing-masing ketika mendaki, tinggal pilih mau ikut trip yang mana!.
            Klo temen-temen bingung mau ikut trip yang mana, Silahkan bisa komen dikolom komentar ya atau bisa langsung hubungi saya dengan no WA 0857-1794-9912

Salam Lestari................................

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menapak tilas Imam Sufyan Ats-Tsauri

Anti Sinonimitas pada Al-Qur'an dalam Perspektif Bintu al-Syathi’